Prodi Teknik Industri FT UNY Mengikuti Workshop Capstone Project yang Diadakan oleh HEPI dan USAID Kolaborasi dengan CEE UNS

Pada hari Senin, 22 Juli 2024, Ketua Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY), M Adam Jerusalem, S.T., S.H., M.T., Ph.D., beserta dosen-dosen Teknik Industri lainnya mengikuti workshop Higher Education Partnership Initiative (HEPI) dan USAID yang berkolaborasi dengan Center for Engineering Education (CEE) Universitas Sebelas Maret (UNS). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Studio Arsitektur Lantai 2, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Higher Education Partnership Initiative (HEPI) dan United States Agency for International Development (USAID) bekerja sama dengan Arizona State University untuk memperkuat kemitraan antara institusi pendidikan tinggi di Indonesia dan Amerika Serikat. HEPI berfokus pada mendukung institusi pendidikan tinggi di Indonesia melalui konsorsium yang melibatkan universitas, pemerintah, dan mitra industri. Tujuan dari upaya ini adalah untuk memperbarui kurikulum agar lebih relevan dengan kebutuhan industri, mencapai standar akreditasi internasional, dan meningkatkan pengakuan kredit mata kuliah antar universitas di AS dan Indonesia.

Forum HEPI USAID ini mengusung tema "How to Conduct a Compliant Capstone Project Course" dan dibuka oleh Dr. techn. Ir. Sholihin As'ad, M.T., Dekan Fakultas Teknik UNS sekaligus Ketua CEE. Program ini diharapkan dapat menciptakan budaya akademik yang baik untuk program studi berkarakter STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), sehingga semua lulusannya mampu menjawab kebutuhan industri di masa depan.

Narasumber pada forum ini adalah Dr. Jack Rutherford, seorang konsultan ABET-HEPI yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun mengampu Capstone Project Course. Beliau memaparkan dan menekankan bagaimana merancang Capstone Project Course yang sesuai standar. Kuliah ini sendiri akan diajarkan pada Semester 7 pada Program Studi Teknik Industri FT UNY. Kegiatan forum diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan audience dan foto bersama, menandai kesimpulan dari acara yang bermanfaat ini.